A.
KONSUMEN
1.
Apa yang
dimaksud dengan perlaku konsumen ?
Jawab :
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas
ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan,
pembelian,
penggunaan,
serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari
konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga
jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan
dengan mudah,
sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses
pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan
yang matang.
2.
Mengapa perilaku konsumen perlu dikaji lebih mendalam
oleh sebuah perusahaan atau industri?
Jawab :
Supaya tiap perusahaan/industry bisa
mengetahui apa yang konsumen inginkan. Misal, seandainya ada suatu perusahaan/industry
yang menghasilkan produk tapi tidak mengkaji lebih dalam perilaku konsumen,
maka perusahaan/industry tidak bisa mengetahui apa yang konsumen inginkan
sehingga produk-produk yang dihasilkan kemungkinan jadi kurang diminati
oleh konsumen karena tidak sesuai dengan
apa yang diinginkan oleh konsumen.
3.
Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam analisa
perilaku konsumen?
Jawab :
a. Pendekatan
interpretif : mendalami perilaku konsumsi dan hal-hal yang mendasarinya.
b. Pendekatan
tradisional : mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perliku dan
pembuatan keputusan konsumen.
c. Pendekatan
sains marketing : dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba model matematika berdasarkan hirarki
kebutuhan manusia.
4.
Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen?
Jawab :
Terdapat 4 faktor sebagai
berikut :
a. Faktor
Sosial : Grup,Pengaruh Keluarga,Peran dan Status.
b. Faktor
Personal : Situasi Ekonomi,Gaya Hidup,Kepribadian dan Konsep Diri,Umur dan
Siklus Hidup,Pekerjaan.
c. Faktor
Psikologi : Motivasi,Persepsi,Pembelajaran,Beliefs and Attitude.
d. Faktor
Kebudayaan : Subkultur dan Kelas Sosial.
5.
Bagaimana menyikapi masalah perilaku konsumen?
Jawab :
Caranya adalah dengan
memperhatikan dan menganalisa perilaku para konsumen secara mendalam. Akan lebih
baik jika memperhatikan kebutuhan konsumen yang lebih pokok. Apakah saat ini
produk yang dibutuhkan seperti ini atau seperti bagaimana.
0 komentar:
Posting Komentar