ELASTISITAS

On Senin, 29 April 2013 0 komentar


A.   KONSEP ELASTISITAS
1.      Apa yang dimaksud dengan elastisitas?
Jawab :
Konsep elastisitas merupakan perbandingan perubahan proporsional dari sebuah variabel dengan perubahan variable lainnya.
2.      Mengapa elastisitas perlu dikaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industri?
Jawab :
Agar baik perusahaan maupun industry bisa memantau perbandingan harga suatu produk di pasaran dan sejauh mana reaksi para konsumen dengan harga dari produk-produk tersebut.
3.      Jelaskan konsep elastisitas harga permintaan dan penawaran, silang dan pendapatan!
Jawab :
a.       Elastisitas harga (price elasticity) yaitu persentase perubahan jumlah barang yang diminta atau yang ditawarkan, yang disebabkan oleh persentase perubahan harga barang tersebut.
b.      Elastisitas Silang : elatisitas yang mengukur tingkat kepekaan perubahan jumlah barang tertentu yang diminta (misal barang x) akibat perubahan harga barang lain.Elatisitas silang berlaku bagi barang-barang subtitusi maupun barang – barang komplementer.
c.       Elastisitas Pendapatan : suatu perubahan (peningkatan/penurunan) daripada pendapatan konsumer akan berpengaruh terhadap permintaan berbagai barang, besarnya pengaruh perobahan tersebut diukur dengan apa yang disebut elastisitas pendapatan.
4.      Faktor apa yang menentukan tingkat elastisitas?
Jawab :
a.Tingkat subtitusi : makin sulit mencari subtitusi suatu barang,permintaan makin      inelastic
b.Jumlah pemakai : makin banyak jumlah pemakai akan suatu barang makin inelastic
c.Proporsi kenaikan harga terhadap pendapatan konsumen : bila proporsi tersebut besar,maka permintaan cenderung lebih elatisitas
d.Jangka  waktu : jangka waktu permintaan atas suatu barang juga mempunyai pengaruh terhadap elastisitas harga

5.      Bagaimana menurut anda tentang konsep elastisitas?
Jawab :
menurut saya konsep elastisitas merupakan konsep penting dalam perekonomian karena sangat berdampak terhadap suatu kebijakan ekonomi.

0 komentar:

Posting Komentar