BIAYA

On Senin, 29 April 2013 0 komentar


A.   BIAYA
1.      Apa yang dimaksud dengan biaya? dan sebutkan macam-macam biaya!!
Jawab :
Biaya adalah semua pengorbanan yang perlu dilakukan untuk suatu proses produksi, yang dinyatakan dengan satuan uang menurut harga pasar yang berlaku, baik yang sudah terjadi maupun yang akan terjadi. Biaya terbagi menjadi dua, yaitu biaya eksplisit dan biaya implisit. Biaya eksplisit adalah biaya yang terlihat secara fisik, misalnya berupa uang. Sementara itu, yang dimaksud dengan biaya implisit adalah biaya yang tidak terlihat secara langsung, misalnya biaya kesempatan dan penyusutan barang modal.
MACAM-MACAM BIAYA
a.       Biaya produksi
Biaya produksi adalah biaya yang berhubungan langsung dengan produksi produk tertentu. Biaya produksi terdiri atas biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik.
b.      Biaya administrasi
Biaya administrasi adalah biaya yang terjadi dalam rangka pengarahan, pengendalian, dan pengoperasian perusahaan.
c.       Biaya pemasaran
Biaya pemasaran adalah biaya yang terjadi dalam rangka promosi suatu produk.
d.      Biaya keuangan
Biaya keuangan adalah biaya yang berhubungan dengan perolehan dana untuk operasi perusahaan, misalnya biaya bunga.

2.      Jelaskan kurva biaya?
Jawab :
Kurva biaya adalah kurva yang digunakan untuk membuat grafik dari biaya yang telah dikeluarkan untuk kemudian dibuat hasil risetnya dalam kurva tersebut sehingga dapat diketahui keuntungan dan kerugiannya.

3.      Jelaskan mengapa konsep biaya perlu dipertimbangkan oleh semua organisasi perusahaan?
Jawab :
karena terdapat informasi biaya yang memungkinkan manajemen untuk melakukan pengelolaan alokasi berbagai kegiatan ekonomi untuk menjamin penghasilan yang memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi dibandingkan dengan pemasukkan yang digunakan.

4.      Jelaskan bagaimana tindakan perusahaan jika tingkat penjualan sangat rendah tetapi perusahaan ingin tetap ada dipasar, konsep seperti apa yang perlu diterapkan perusahaan tersebut?
Jawab :
sebaiknya gunakan biaya pemasaran karena biaya pemasaran itu sendiri merupakan biaya yang digunakan untuk pemasaran. Sehingga akana lebih baik perusahaan tersebut melakukan pemasaran dengan lebih baik dengan kualitas yang lebih baik pula.

5.      Coba anda buat pengkategorian biaya!!!
Jawab :
1. Biaya Penjualan
Biaya Gaji dan Komisi Penjualan; Biaya Advertensi; Biaya Bahan Pembantu untuk bagian penjualan dan toko; Biaya Depresiasi aktiva tetap bagian penjualan; Biaya Depresiasi alat pengangkutan penjualan; Biaya yang berhubungan dengan bagian penjualan.
2. Biaya Administrasi dan Umum
Biaya Gaji Pimpinan dan Pegawai Kantor; Biaya bahan pembantu untuk kantor; Biaya Depresiasi Aktiva tetap kantor; Biaya Telepon, air, listrik, parkir dll.


SUMBER :

http://id.shvoong.com/business-management/accounting/2138610-macam-macam-biaya/#ixzz2Rq0HIONI

0 komentar:

Posting Komentar