KONSUMEN

On Minggu, 28 April 2013 0 komentar

A.   KONSUMEN
1.      Apa yang dimaksud dengan perlaku konsumen ?
Jawab :
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.
2.      Mengapa perilaku konsumen perlu dikaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industri?
Jawab :
Supaya tiap perusahaan/industry bisa mengetahui apa yang konsumen inginkan. Misal, seandainya ada suatu perusahaan/industry yang menghasilkan produk tapi tidak mengkaji lebih dalam perilaku konsumen, maka perusahaan/industry tidak bisa mengetahui apa yang konsumen inginkan sehingga produk-produk yang dihasilkan kemungkinan jadi kurang diminati oleh  konsumen karena tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen.
3.      Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam analisa perilaku konsumen?
Jawab :
a.       Pendekatan interpretif : mendalami perilaku konsumsi dan hal-hal yang mendasarinya.
b.      Pendekatan tradisional : mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perliku dan pembuatan keputusan konsumen.
c.       Pendekatan sains marketing : dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba model matematika berdasarkan hirarki kebutuhan manusia.
4.      Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen?
Jawab :
Terdapat 4 faktor sebagai berikut :
a.       Faktor Sosial : Grup,Pengaruh Keluarga,Peran dan Status.
b.      Faktor Personal : Situasi Ekonomi,Gaya Hidup,Kepribadian dan Konsep Diri,Umur dan Siklus Hidup,Pekerjaan.
c.       Faktor Psikologi : Motivasi,Persepsi,Pembelajaran,Beliefs and Attitude.
d.      Faktor Kebudayaan :  Subkultur dan Kelas Sosial.
5.      Bagaimana menyikapi masalah perilaku konsumen?
Jawab :
Caranya adalah dengan memperhatikan dan menganalisa perilaku para konsumen secara mendalam. Akan lebih baik jika memperhatikan kebutuhan konsumen yang lebih pokok. Apakah saat ini produk yang dibutuhkan seperti ini atau seperti bagaimana.

0 komentar:

Posting Komentar