CARA MERAWAT KUCING

On Rabu, 29 Mei 2013 0 komentar

Nah, kembali lagi dengan saya (admin blog gda2loves.blogspot.com hehe). Kalau sebelumnya udah dibahas merawat kucing bagian kandang, kali ini saya akan membahas cara merawat kucing (menurut pengalaman saya) :D

Pertama, seperti yang saya bilang kucing sukanya yang sejuk-sejuk soalnya kalo di tempat panas, bulu-bulu si kucing (khususnya yang berbulu tebal) bisa gampang rontok. Kan gak mau kaan kalo kucing-kucing kawan jadi botak :P

Kedua, kucing yang masih berumur sekitar 2 bulanan walaupun belum boleh dimandikan, tapi kawan bisa membersihkannya dengan tisu basah untuk bayi. Cukup lap secara perlahan ke tubuh si kucing terutama bagian kakinya. Untuk yang sudah bisa dimandikan, sebaiknya kucing dimandikan tiap seminggu sekali yaa. Soalnya, pada dasarnya kucing itu suka kebersihan. Untuk memandikan kucing :
1. Siapkan air hangat, jangan terlalu panas. Hangatnya sama seperti kalo mau memandikan bayi.
2. Tuang shampo untuk kucingnya dan mandikan si kucing. Ingat harus dengan lembut yaa soalnya kucing sangat suka kalo dimandiin dengan lembut. Oya jangan lupa sumbat bagian kuping si kucing dengan kapas yaa supaya air gak masuk. Kalo masuk nanti kupingnya bisa kotor terus infeksi. Nanti kuping kucing bisa dibersihkan dengan kapas serta alkohol (jangan air yaa!!).
3. Jangan lupa bersihkan bagian kakinya yaa...digosok perlahan dengan tangan atau sikat lembut.
4. Kalo sudah segera bilas kucing (Inget perlahan-lahan yaa).
5. Keringkan dengan handuk, setelah itu baru dikeringkan lagi dengan hair dryer.
6. Sisir bulu si kucing biar rapi dan terlihat cantik

Ketiga, sering-sering ajak main si kucing ya kawan. Kucing suka banget bermain lho. Biar si kucing gak stres. Kucing juga suka dimanja seperti dielus-elus dan digendong lho. Di sinilah kawan-kawan harus memiliki sifat penyayang :D

Perhatikan pola makan si kucing. Jika si kucing mendadak gak mau makan, lemas, kemudian pupnya cair, dan mulutnya terus-terusan mengeluarkan liur, sebaiknya cepat di bawa ke dokter.
Untuk pemberian vaksin buat si kucing bisa diberikan pada saat si kucing berumur 3 bulan. Jadi kalo si kucing sudah berumur 3 bulan, maka segera bawa ke dokter untuk divaksin yaa :)
Pemberian vaksin kucing gak boleh telat soalnya kalo kucing udah terkena virus seperti hepatitis misalnya, maka akibatnya bisa fatal. Biasanya jika kita membawa si kucing ke dokter untuk diberi vaksin, nanti sang dokter akan memberikan pengarahan dan penjelasan lebih lanjut.

Sekian tips tentang kucing dari saya untuk hari ini. Semoga bermanfaat (^.^)/

0 komentar:

Poskan Komentar