TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM 2#

On Rabu, 03 Juli 2013 0 komentar

Pendapat anda tentang kenaikan BBM?

Saya memiliki opini tersendiri, di satu sisi saya setuju dengan kenaikan BBM, di sisi lain saya juga kurang setuju juga dengan kenaikan BBM. Kenapa saya setuju? Seperti yang telah diketahui negara kita ini masih memiliki banyak hutang. Jika harga BBM tidak dinaikkan, maka pembangunan infrastruktur tertinggal dan anggaran negara semakin terbebani. Sebenarnya sebuah ironi juga mengingat negara jadi memiliki hutang hanya karena beberapa anggaran ternyata di korupsi oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab sehingga anggaran dana 'dicuri' dan menjadi sia-sia malah hutang negara jadi bertambah. Itulah opini saya mengenai kenaikan BBM yang saya setuju dengannya.



Namun, kenapa pula saya tidak setuju? Karena kenaikan BBM sebesar Rp 2000, cukup membuat masyarakat kelas menengah ke bawah kelimpungan. Hal ini tentu saja memberatkan mereka. Seharusnya pemerintah juga bisa mencari solusi dampak dari kenaikan BBM ini terutama untuk masyarakat yang tidak mampu. Secara pribadi, saya tidak setuju jika solusi yang digunakan dalam menanggulangi dampak kenaikan BBM ini dengan memberikan BLSM ke masyarakat tidak mampu. Karena penyaluran BLSM sangat rentan dengan kecurangan dan sering sekali tidak tepat sasaran. Contoh sederhana saja, saya pernah melihat di berita (saya lupa apa namanya) penyaluran BLSM tidak tepat sasaran, ricuh, tidak tertib, dan sebagainya. Seharusnya yang pantas menerima BLSM adalah masyarakat yang benar-benar miskin, namun nyatanya masih ada masyarakat yang sebenarnya mampu malah ikut mendapat BLSM. Kenapa saya katakan mampu? Karena ada yang saya lihat penerima BLSM itu menggunakan baju yang bagus, kalung emas, ada pula yang malah punya HP BLACKBERRY, menurut saya yang seperti itu sangata amat tidak tepat sasaran. Ironis justru yang seharusnya dapat BLSM malah jadinya tidak dapat apa-apa. Menurut saya, alangkah baiknya jika solusi yang ditawarkan bukan BLSM tapi langsung dalam bentuk lapangan pekerjaan. Berikan lapangan pekerjaan untuk yang tidak mampu, jangan hanya berupa BLSM. Karena selain rentan salah sasaran, hal itu hanya akan membuat masyarakat miskin bertambah. Apalah arti BLSM yang hanya diberikan dalam jangka waktu 3 bulan (kalau saya tidak salah), toh kalau sudah habis mau gimana lagi? Lebih baik berikan lapangan pekerjaan yang jelas-jelas bisa untuk jangka panjang.
Sekian opini dari saya tentang kenaikan BBM

0 komentar:

Posting Komentar